LOKAKARYA GEREJA DAN CREDIT UNION

Lokakarya Gereja dan Credit Union diadakan pada tanggal 11-12 Juli 2011 bertempat di Wisma Kasih Jl. Dr. Sumardi Salatiga. Sebagai sebuah tindakan alternatif bagi pengembangan ekonomi jemaat, apalagi disaat ini dimana masyarakat pada umumnya tak luput warga gereja juga telah didorong oleh budaya yang serba konsumtif, sehingga Gereja perlu berpikir untuk mengembangkan alternatif supaya warganya tidak terperangkap kemiskinan akibat gaya hidup konsumtif.

 

Dengan diadakannya lokakarya ini gereja diharapkan bisa merefleksikan credit union di tengah warga jemaat. Sehingga gereja tidak selalu menolong dengan cara memberi, namun bisa memfasilitasi agar timbul adanya budaya saling menolong di antara warga yang mengalami kesulitan ekonomi. Karena credit union dibangun atas prinsip "simiskin menolong sesamanya (simiskin). Diharapkan pula dengan kegiatan ini akan membantu Gereja-gereja dan Klasis-klasis untuk membangun strategi dasar pengembangan CU di lingkupnya masing-masing.

 

Dalam lokakarya tersebut setiap peserta tidak hanya menerima pengetahuan dan informasi, tetapi juga merefleksikan pengalamannya secara langsung, dengan demikian bisa ditumbuhkan pemahaman bersama tentang CU. Sebagai tim fasilitator terdiri: Dr. Francis Wahono pendiri CU Angudi Laras, didampingi Suwarto Adi pendiri dan  penasehat CU Unggul Sejahtera Purworejo, dan Teguh Setyo Budi Nugroho manajer CU Unggul Sejahtera, Salatiga.


Dalam merancang rencana tindak lanjut, peserta (bisa dibagi per klasis atau region/wilayah antar klasis) diharapkan membuat rencana kerja yang terukur, sistematik dan bisa dikerjakan. Hasilnya akan disampaikan Bapelsin sebagai dasar bagi perancangan program pengembangan ekonomi jemaat secara berkelanjutan dan menjadi bahan penting dalam Sidang Sinode berikutnya.

 

 


Share this :

Berita "Berita Sinode" Lainnya