KOORDINASI BIDANG PWG DAN PAGUYUBAN ADIYUSWA

Dalam rangka koordinasi kegiatan Adiyuswa Sinode GKJ, telah dilaksanakan rapat bersama antara Bidang PWG Bapelsin, Komisi Adiyuswa Sinode, dan Pengurus Paguyuban Adiyuswa Sinode (PAS)  pada tanggal 30 April 2013  di Kantor Sinode GKJ. Hadir pada rapat tersebut Bp. Pdt. Wahyuhadi Catur Basuki mewakili Bidang PWG Bapelsin, Bp. Pdt. Agus Yusak mewakili Komisi Adiyuswa Sinode. Sedangkan dari Pengurus PAS yang hadir adalah Bp. Djumadi Wonopawiro, Bp. Pdt. Em. Efrayim Purwoatmodjo, Bp. Sopater Sutedjo, Ibu Endang Warsiki, Bp. Kamisan, Bp.P ramono Rinekso, dan Bp. Pdt. Em. Eka Lasa Purwibawa yang dalam hal ini merangkap sebagai Komisi Adiyuswa Sinode.

Dalam rapat tersebut ditegaskan kembali bahwa peranan Komisi Adiyuswa Sinode lebih sebagai komunikator atau yang menjembatani antara Pengurus PAS dengan Bidang PWG Bapelsin. Kegiatan-kegiatan warga adiyuswa secara sinodal tetap dilaksanakan oleh Pengurus PAS, dan demi kelancaran tugas-tugas Komisi tersebut maka Ketua Pengurus PAS  juga  menduduki  jabatan (ex officio) pada Komisi Adiyuswa Sinode.

Pada kesempatan tersebut dibicarakan tentang penerbitan Tabloid Adiyuswa. Dengan berkat Tuhan melalui peran aktif yang tulus dari Dewan Redaksi dan dukungan Warga Adiyuswa, Tabloid Adiyuswatelah mampu secara mandiri terbit tiap-tiap bulan tanpa terputus, dan terbukti  telah bertahan hampir tujuh tahun lamanya. Diharapkan Bidang PWG Bapelsin ikut berperan memanfaatkan tabloid  menjadi sarana pembinaan Warga Adiyuswa GKJ, dan menganjurkan serta  memfasilitasi Gereja-gereja untuk berlangganan Tabloid Adiyuswa.

Dibicarakan pula tentang Pengurus PAS yang akan berakhir masa tugasnya pada 31 Oktober 2013. Demi kesinambungan pelayanan Paguyuban Adiyuswa Sinode, perlu segera dirancang pergantian pengurus baru. Sebagian besar dari Pengurus PAS periode ini sudah menjabat selama tujuh tahun, jadi perlu ada para pengganti  yang akan meneruskan tugas-tugasnya. Kalau selama ini Pengurus PAS keanggotaannya terbatas pada wilayah Semarang-Salatiga-Magelang  (SESAMA), diharapkan pengurus yang baru akan muncul atau berasal dari wilayah yang lebih luas, atau sekurang-kurangnya Jogya-Solo-Semarang (JOGLOSEMAR). 

Dalam rapat tersebut disepakati susunan Pengurus PAS yang akan datang  terdiri dari dua orang Penasihat, dua orang Ketua, dua orang Sekretaris, dua orang Bendahara, dan lima orang Anggota. Jadi seluruhnya berjumlah sebelas orang. Rapat sepakat  memutuskan dan menunjuk Pdt.Em.Eka Lasa Purwibawa menjabat kembali sebagai Ketua Pengurus PAS periode berikutnya, dan sekaligus mengangkat beliau sebagai Formatur tunggal yang bertugas menghubungi  dan mencalonkan nama-namayang akan ditetapkan dalam susunan Pengurus PAS periode 2013-2016.

Menjelang HUT ke-7 Paguyuban Adiyuswa Sinode, sebagaimana tahun-tahun yang lalu kepada Komisi atau Paguyuban atau Forum Adiyuswa di Gereja-gereja  akan disampaikan bahan-bahan pembinaan warga adiyuswa berupa bahan kotbah dan bahan PA untuk mengisi kegiatan menyambut HUT ke-7 PAS.

Direncanakan pula penyelenggaraan Pertemuan Pendeta Emeritus pada tanggal 30-31 Oktober 2013 di Wisma Kasih Salatiga. Proposal kegiatan tersebut akan segera dikirim ke Gereja-gereja, Klasis, dan Sinode untuk mendapat dukungan dan agar mengutus Pendeta Emeritus di wilayah masing-masing. Dengan dukungan biaya dari Gereja, Klasis, dan Sinode diharapkan Pendeta Emeritus dapat hadir dalam pertemuan tersebut, baik hadir sendirian atau bersama Isteri.

Mengingat GKJ tersebar luas di pulau Jawa, di kota, di desa, di pesisir, dan di pegunungan, tentu berpengaruh pada situasi dan kondisi setempat yang menjadikan beraneka ragam pula pengalaman Pendeta dalam melayani, dan pada akhirnya menjadi kekayaan keragaman refleksi teologis. Oleh karena itu kepada para Pendeta Emeritus dimohon membuat tulisan tentang pengalaman dalam pelayanan di tengah jemaat masing-masing. Tulisan-tulisan tersebut akan dihimpun menjadi sebuah buku dan akan dibagikan dalam Pertemuan Pendeta Emeritus dan dikirim kepada Gereja-gereja.

Mengakhiri rapat ini Bidang PWG Bapelsin dan Komisi Adiyuswa Sinode mengharapkan rapat koordinasi dengan Pengurus PAS seperti ini dapat dilakukan sekurang-kurangnya sekali setahun. Demikian pula Rapat Dewan Redaksi Tabloid Adiyuswa diharapkan sesekali dilakukan di Kantor Sinode dan dihadiri oleh Bidang PWG Bapelsin dan Komisi Adiyuswa Sinode. 

-Pram

 


Gambar Terkait :

Share this :

Berita "Berita Sinode" Lainnya