BAHAN BULAN KELUARGA 2013: KRISTUS DALAM RUMAH TANGGA

Fenomena Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) nampak marak dalam pemberitaan di televisi dan surat kabar. Baik itu kekerasan dari suami kepada istri atau sebaliknya, maupun kekerasan antara orang tua dan anak ataupun sebaliknya juga. Fenomena semacam kadang juga terjadi di dalam keluarga Kristen. Pertanyaannya adalah: "Mengapa semua ini bisa terjadi? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi semua itu? Bagaimana keluarga Kristen dapat terhindar dari fenomena semacam itu dan dapat senantiasa menghayati dan menghidupi kehadiran Kristus dan karya-Nya dalam kehidupan rumah tangganya?"

Melalui buku Bulan Keluarga ini diharapkan ada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas sehingga Kristus sungguh-sungguh hadir dan berkarya dalam rumah tangga Kristen. Oleh karena itu tema Bulan Keluarga tahun 2013 ini adalah "Kristus Dalam Rumah Tangga".

Untuk buku ini masih disajikan Rancangan Kotbah, bukan Kotbah Jangkep. Hal ini dengan harapan memberikan kebebasan bagi penggunanya agar lebih kreatif dengan mempertimbangkan analisa teks yang disajikan, baik dari Kotbah Jangkep GKJ maupun Rancangan Kotbah (RK) Dian Penuntun GKI. Tema yang dipilih dalam Rancangan Kotbah dalam buku ini pun mempertimbangkan tema dari keduanya. Dengan cara seperti ini diharapkan buku ini bisa memperkaya pengetahuan, ide/gagasan, kreativitas serta pemikiran teologi pengguna Kotbah Jangkep maupun Rancangan Kotbah GKI dalam mengolah kotbah yang akan dibuat. Dengan demikian diharapkan agar para pengkotbah terlatih untuk mengolah sendiri materi yang akan dikotbahkan.

Seperti buku-buku sebelumnya, buku ini juga dipersiapkan oleh utusan Bapelsin XXVI GKJ Bidang PWG, utusan Departemen PJ BPMSW GKI SW Jateng beserta Komisi Ibadah dan Liturginya, dan beberapa rekan pendeta lainnya. Hal yang istimewa adalah bahwa buku ini disusun tidak hanya bersama dengan rekan-rekan pendeta di wilayah Bandung, tetapi juga karena ada keterlibatan dari rekan-rekan pendeta dari GKI SW Jabar. Hal ini mengingat penyatuan GKI dan juga adanya beberapa GKI Jabar yang sudah mulai memanfaatkan buku-buku terbitan LPPS. Besar harapan kami, buku Bulan Keluarga ini berguna bagi para pembaca sekalian.

Tentu bahan-bahan dalam buku ini bukan bahan yang sudah siap saji untuk segala situasi gereja/jemaat. Oleh karena itu gereja/jemaat diharapkan dapat mengolah bahan-bahan dalam buku ini agar sesuai dengan kondisi dan situasi gereja/jemaat masing-masing.

Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan  terima kasih kepada:

  1. Pdt. Wahyuhadi Catur Basuki [Bidang PWG Bapelsin XXVI GKJ]
  2. Pdt. Erny Ratna Yunita [Bidang PWG Bapelsin XXVI GKJ]
  3. Bp. Hengky Christian [Departemen PJ BPMSW GKI SW Jateng]
  4. Ibu Lina Susanawati [Komisi Ibadah dan Liturgi BPMSW GKI SW Jateng]
  5. Pdt. Cipto Martalu Sapangi [GKI Pasirkaliki]
  6. Pdt. Paulus Kristian Mulyono [GKI Pasteur Bandung]
  7. Pdt. Frederick Elias Talakua [GKJ Bandung]
  8. Pdt. Firdaus Tjahjanto Kurniawan [GKJ Bandung]
  9. Vic. Setiawan Hartanto [GKJ Bandung Barat]
  10. Pdt. Ita Meliana [GKI Pasirkoja]

atas kerjasama yang baik dalam penyusunan buku ini.

Pada akhirnya, bagi gereja/jemaat yang menggunakan buku ini, kami mengucapkan selamat mempergumulkan bahan-bahan yang ada dalam pelayanan jemaat. Tuhan memberkati.

 

Yogyakarta, Juli 2013

PPP LPP Sinode GKJ dan GKI Jateng:

  1. Pdt. Darsono Eko Noegroho
  2. Pdt. Wisnu Sapto Nugroho
  3. Pdt. Addi Soselia Patriabara
  4. Pdt. Murtini Hehanussa

Untuk mengunduh dapat klik dibawah ini:

Pengantar

Daftar Isi

Bahan Dasar

Rancangan Kotbah

Bahan Liturgi

Bahan Kategorial

Bahan Persekutuan Doa

Bahan Sarasehan dan Anjuran Kegiatan

Kegiatan Alternatif


Share this :

Berita "Bahan Pembinaan Rutin" Lainnya