WORKSHOP PELAYANAN BAGI PENYEMBUHAN DENGAN PENDEKATAN PASTORAL YAKKUM BERSAMA DENGAN GEREJA

 Pondok Remaja Salib Putih, SALATIGA Tanggal 12 s.d 13 Oktober 2011

 

Hari ini, Rabu s.d Kamis 12.d 13 Oktober 2011 bertempat di Pondok Remaja Salib Putih, Jln Hasanudin Km. 4 (Jl. Raya Salatiga-Kopeng) Salatiga- Jawa Tengah, telah berlangsung Workshop Pelayanan Bagi Penyembuhan dengan Pendekatan Pastoral YAKKUM Bersama Pendeta.

Pelayanan pastoral harus dipandang secara holistik. Pelayanan pastoral holistik didasarkan pada pemikiran teologi pastoral yang terbuka dan luas. Selain belajar dari gambaran antara gembala dan domba yang ditafsirkan secara relevan untuk masa kini, pelayanan pastoral holistik dilandasi oleh pemikiran bahwa pelayanan pastoral pada dasarnya mencerminkan pemeliharaan Allah terhadap ciptaanNya. Istilah “pastoral” menunjuk pada sikap memelihara (care) dan mempedulikan (concern). Pelayanan pastoral holistik bisa juga dipahami dalam kaitannya dengan Kerajaan Allah. Artinya, pelayanan pastoral dapat diletakkan dalam karya Allah yang sedang memberlakukan kerajaanNya di dunia ini. Menghubungkan pelayanan yang bersifat memelihara dan mempedulikan itu dengan Kerajaan Allah berarti memperluas ruang lingkup pelayanan pastoral, sehingga pelayanan ini tidak hanya dibatasi pada manusia sebagai individu, tetapi juga pada masyakarat dan alam ciptaan Tuhan. Dengan demikian, pelayanan pastoral juga terbuka bagi dunia.

Disadari bahwa pada dasarnya kita tidak dapat menyembuhkan penderitaan orang lain. Partisipasi dalam pelayanan bagi penyembuhan, hanya berarti kepedulian untuk mengusahakan datangnya penyembuhan, sedangkan yang menyembuhkan adalah Allah sendiri. Penyembuhan itu bersifat holistik sesuai pribadi manusia seutuhnya, yaitu pada aspek fisik, psikis, sosial dan spiritual. Oleh karena itu, pelayanan bagi penyembuhan berarti mengupayakan agar orang yang menderita berelasi secara sehat dengan Allah, sesama manusia dan lingkungannya.

Latarbelakang Kegiatan Workshop

Healing Ministry (pelayanan bagi penyembuhan) merupakan panggilan setiap orang percaya yang telah merasakan penyembuhan yang berasal dari Tuhan Yesus Kristus. Sangat tepatlah ketika Yakkum ingin hadir dalam pelayanan dengan memiliki ciri khas kekristenan menggunakan pelayanan bagi penyembuhan sebagai dasar dalam setiap pelayanannya dengan pendekatan pelayanan pastoral. Pelayanan tersebut sangat terkait dengan perkembangan pastoral dalam konteks di Indonesia, yang terus dikembangkan dalam ranah individu, sosial dan lingkungan (alam), sehingga melalui itulah pelayanan Yakkum adalah pelayanan yang holistik yaitu menyentuh secara fisik, psikis, sosial dan spiritual. Agar proses itu dapat berjalan dengan baik, maka dituangkan dalam visi, misi dan renstra Yakkum, untuk menjadi pegangan dalam setiap pelayanan.

Manusia saat ini hidup dalam perubahan dunia yang begitu cepat. Arus modernisasi dan globalisasi yang mengena di seluruh aspek kehidupan. Perubahan ini selain membawa dampak yang positif terhadap manusia tetapi juga membawa dampak secara psikis. Perubahan ekonomi yang semakin cepat membawa pada tingkat pengangguran yang tinggi, perubahan harga pangan yang melonjak mengakibatkan stress, mudah tersinggung dll. Sehingga perubahan dunia tidak hanya berdampak sisi positif tetapi juga mengakibatkan perubahan psikis. Dalam harian online beberapa waktu lalu jumlah psikiater yang ada di Indonesia tidak sebanding dengan yang dibutuhkan. Hal ini menandakan kurangnya tenaga yang dibutuhkan untuk membantu persoalan psikis manusia. Disinilah muncul tantangan untuk menghadirkan pastoral dalam rangka pelayanan yang menyembuhkan secara holistik.

Dalam situasi sekarang ini, gereja harus tetap melaksanakan pelayanan penyembuhan, sebagai bagian dari tugas panggilan gereja. Gereja memiliki alasan kuat untuk melayani di bidang kesehatan. Hal ini bisa dilihat pada Alkitab (Keluaran 15:26, Markus 10:45, Matius 4:23 dan 9:35, Kisah Para Rasul pasal 3 dan 4). Dalam gereja, penyembuhan secara Kristen (Christian Healing) dapat dinyatakan, kabar kesukaan disampaikan, dan kasih Kristus didemonstrasikan. Dengan demikian, pelayanan kesehatan yang dilaksanakan gereja tidak terbatas pada kelembagaan (“dinding”) RS, tetapi juga dalam hal-hal yang kelihatannya paling sederhana tetapi memiliki makna mendalam, seperti perkunjungan dan syafaat bagi pasien dan keluarga, menjadi relawan (volunteer) pelayan pelayanan kesehatan: mencuci pakaian, membersihkan lantai dan membersihkan rumput pekarangan; menggalang sejumlah dana yang dapat digunakan untuk membantu penderita / pasien.

Dalam rangka sebagai kepanjangan tangan Gereja, maka Yakkum melakukan kegiatan pelayanan di bidang kesehatan menyeluruh, utuh, terpadu, dan berkesinambungan, meliputi upaya pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif), pemulihan (rehabilitatif), dan peningkatan pendidikan (promotif).  Akan tetapi, dalam mewujudkan Pelayanan bagi Penyembuhan yang mengutuhkan maka peran serta Gereja amatlah dibutuhkan ditengah-tengah dunia saat ini, sehingga persoalannya Apa peran Gereja dan pelayannya dalam mewujudkan dan menginternalisasikan pelayanan bagi penyembuhan dengan pendekatan pastoral? Dalam menjawab pergumulan tersebut, maka Yakkum memfasilitasi untuk mengadakan program Salah satu wujud program yaitu WORKSHOP PELAYANAN BAGI PENYEMBUHAN DENGAN PENDEKATAN PASTORAL YAKKUM BERSAMA DENGAN GEREJA

Harapannya melalui program ini mampu memberikan pelayanan yang semakin baik bagi Gereja dan Masyarakat. Tuhan memberkati.

 

 Sumber: Yakkum

 

 

 

 

 

 


Share this :

Berita "Berita Lembaga" Lainnya