Bahan Pekan Pendidikan Kristen - Tahun 2012

Pendidikan yang baik---entah itu di keluarga, gereja, dan sekolah Kristen--- seharusnya bersifat kontekstual. Ia harus memiliki kena mengena dengan tantangan nyata lingkungan sekitarnya. Bertolak dari pemahaman seperti itu, Pekan Pendidikan Kristen tahun ini mengangkat tema "Berani Hidup Jujur di Tengah Merebaknya Ketidakjujuran".

Melalui tema tersebut, sedikitnya ada dua hal penting yang patut kita perhatikan. Pertama, kita perlu menghidupkan kesadaran bahwa ketidakjujuran ---yang kini makin hari makin merebak di tengah masyarakat kita --- merupakan musuh sangat serius bagi keberlangsungan hidup bangsa kita. Karena itu, ia harus ditanggapi secara sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran pendidikan Kristen melalui praktik pendidikan yang baik di keluarga, gereja, dan sekolah Kristen.

Kedua, kita perlu menumbuhkembangkan sikap berani hidup jujur. Sebab, untuk bisa hidup jujur ternyata seseorang tidak cukup hanya memiliki niat baik, melainkan ia harus juga memiliki keberanian. Tanpa keberanian, gagasan tentang hidup jujur akan berhenti menjadi keinginan baik belaka. Apalagi, kini kita hidup di tengah arus kuat budaya pop dan gaya hidup hedonis-materialistis yang sedemikian gencar mempromosikan semboyan ‘jujur ajur'.

Maka, tema tersebut kiranya menggugah kita, keluarga-keluarga Kristen, gereja dan sekolah Kristen, untuk berupaya dengan sepenuh daya menumbuhkembangkan budaya berani hidup jujur.

Bicara mengenai hidup jujur, konon kekristenan Indonesia pada masa lalu mampu melahirkan generasi yang menjadi rujukan penting mengenai teladan kehidupan yang jujur di negeri ini. Kini saatnya kita merintis kembali agar cerita sejarah masa lalu yang indah itu bisa menjadi kenyataan kembali. Pastilah, itu akan menjadi sumbangan penting bagi keberlangsungan negeri ini, serta menjadi persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah. 

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyiapan buku pedoman dan laporan ini. Secara khusus, kami berterima kasih kepada Pdt. Andreas Untung Wiyono, D. Min; Pdt. Samuel Adi Perdana, S.Si.; Pdt. Ir. Yoel M. Indrasmoro, S.Th.; Pdt. Nani Minarni, S.Si. dan semua pihak yang tak mungkin disebutkan satu per satu, yang telah berkontribusi dalam menyiapkan buku ini.

Selamat melaksanakan Pekan Pendidikan Kristen dan berjerih payah menumbuhkembangkan budaya berani hidup jujur di tengah merebaknya ketidakjujuran dalam masyarakat. Di dalam Tuhan jerih lelah kita tidak sia-sia.

 

Salatiga, Juni 2012
Pengurus Yayasan LP3S
Ketua,

 

Prof. J.T. Lobby Loekmono, Ph.D.

 

Untuk mengunduh Bahan PEPENKRIS 2012 klik judul-judul dibawah ini:

1.      Kata Pengantar

2.      Daftar Isi

3.      Sambutan BPMS GKI SW JATENG

4.      Sambutan BAPELSIN GKJ XXIV

5.      Penjelasan Tema

6.      Panduan Penyelenggaraan PEPENKRIS Tahun 2012

7.      Liturgi Pembukaan (Bahasa Indonesia)

8.      Bahan Kotbah Pembukaan (Bahasa Indonesia)

9.      Liturgi Penutupan (Bahasa Indonesia)

10.    Bahan Kotbah Penutupan (Bahasa Indonesia)

11.    Bahan Persekutuan Doa

12.    Bahan PA Warga Dewasa

13.    Bahan PA Pemuda / Remaja

14.    Bahan Renungan Di Sekolah PPK 2012

15.    Bahan Sarasehan Di Sekolah


Share this :

Berita "Bahan Pembinaan Rutin" Lainnya