SURAT PENGGEMBALAAN: PILKADA JAWA TENGAH

SURAT PENGGEMBALAAN

DALAM RANGKA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA-TENGAH

PERIODE 2013-2018

Nomor: SK/2013/B7/SB709/3053

Kepada Yang Terkasih:

Majelis dan Segenap Warga Gereja Kristen Jawa

Di Seluruh Wilayah Propinsi Jawa Tengah

Salam dalam Kasih Kristus, Sang Raja Damai. Jawa Tengah pada minggu-minggu terakhir ini tengah mempersiapkan diri untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode pemerintahan tahun 2013-2018 yang akan diselenggarakan hari Minggu, 26 Mei 2013 mendatang. Selaku Badan Pelaksana Sinode XXVI Gereja-gereja Kristen Jawa, kami telah mengikuti dan mencermati situasi yang berkembang dan senantiasa berharap agar kondisi Jawa Tengah tetap kondusif dan tenteram. Melalui Surat Penggembalaan ini kami mengapresiasi semua pihak terkait penyelenggaraan Pilkada Jateng yang tengah berjuang keras agar pelaksanaan Pilkada Jateng berjalan dengan baik.

Mengingat posisi strategis Jawa Tengah sebagai basis terbesar komunitas Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa, dimana sebagian besar warga GKJ hidup dan menghidupi Jawa Tengah. Maka Seluruh warga jemaat GKJ perlu menempatkan diri bersama dengan seluruh elemen di Propinsi Jawa tengah dengan bergandeng-tangan berjuang demi kemajuan dan kesejahteraan Jawa Tengah. Perjuangan bersama ini akan diterangi oleh Tema Sinode kita “Allah Kehidupan, Tuntunlah Kami ke dalam Keadilan dan Perdamaian”. Kita percaya bahwa Allah Kehidupan akan menuntun perjuangan tulus yang pada akhirnya memberi kontribusi positif bagi kedamaian dan keadilan Indonesia pula.

Sebagaimana kita ketahui bahwa ada begitu besar kerinduan dan harapan seluruh rakyat Indonesia untuk dapat memiliki pemerintahan yang baik, yaitu pemerintahan yang sungguh-sungguh memperjuangkan kesejahteraan rakyat, menghormati hak asasi manusia, berlaku adil dan cinta perdamaian. Oleh karena itu melalui Pilkada Jateng kali ini diharapkan menghasilkan pemerintahan yang baik serta mempunyai komitmen memenuhi harapan masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut, khusus kepada segenap warga Gereja Kristen Jawa di Wilayah Jawa-Tengah, melalui Surat Penggembalaan ini perkenankan kami berpesan:

  1. Mendorong segenap bangsa Indonesia utamanya warga Jawa-Tengah, dan terlebih bagi warga Gereja Kristen Jawa di Wilayah Jawa-Tengah untuk memberikan dukungan bagi suksesnya Pilkada Jawa-Tengah yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 26 Mei 2013 mendatang.
  2. Kita mengetahui bahwa karya, sikap dan hati Allah Kehidupan yaitu Kristus senantiasa berpihak pada yang miskin, lemah dan terpinggirkan. Oleh karena itu dengan diterangi oleh teladan-Nya maka sepatutnyalah umat beriman, khususnya warga Gereja Kristen Jawa di Jawa-Tengah memanfaatkan hak pilihnya secara bertanggungjawab dengan mempertimbangkan komitmen para Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur yang telah dinyatakan baik melalui ungkapan politik maupun melalui sikap, tindakan dan karya nyata pelayanan mereka di tengah masyarakat.
  3. Bangsa Indonesia dibangun dengan susah payah oleh para pendiri bangsa tercinta, diwarnai oleh semangat nasionalisme yang kuat dan tetap terus dipertahankan oleh bangsa ini sampai dengan saat sekarang. Hal ini membuktikan bahwa semangat nasionalisme bukan sekedar euforia sesaat, tetapi telah dihayati dan diterima oleh sebagian besar bangsa Indonesia sebagai ideologi yang teruji mempersatukan bangsa yang majemuk ini (termasuk seluruh jemaat GKJ). Maka penting bagi seluruh jemaat GKJ untuk membawa dalam doa serta mempertimbangkan para calon yang diusung oleh partai-partai yang Nasionalis pula.
  4. Sambil tetap bertekun dalam doa, warga Gereja Kristen Jawa di seluruh Wilayah Jawa-Tengah di mohon untuk turut berpartisipasi aktif dalam tugas dan tanggung jawab menjaga ketertiban, kelancaran, keamanan, dan kedamaian, baik menjelang, selama, maupun sesudah Pilkada Jawa-Tengah berlangsung.

Akhirnya, bersama segenap komponen bangsa, warga Gereja Kristen Jawa di manapun berada hendaklah senantiasa terpanggil memberikan kontribusi positif bagi bangsa ini.

“Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.”

(Yeremia 29:7)

Salatiga, 15 Mei 2013

Badan Pelaksana Sinode XXVI Gereja-gereja Kristen Jawa

Pdt. Simon Julianto, S.Th, M.Si

Sekretaris Umum

 

 klik tanda  dibawah ini untuk mengunduh


Share this :

Berita "Berita Sinode" Lainnya