BAHAN BULAN KELUARGA 2018 - BAHASA JAWA DAN INDONESIA

PENGANTAR

 

Puji syukur terpanjat ke hadirat Tuhan yang telah menyertai kita sehingga kita kembali memasuki Bulan Keluarga. Yaitu bulan di mana kita bersama keluarga kita masing-masing dan jemaat menghayati kehidupan keluarga dan menatanya kembali dalam terang kasih Tuhan.

Di Bulan Keluarga 2018 ini kita diajak untuk melihat salah satu hakikat keluarga Kristen, yaitu sebagai pemberi harapan. Oleh karena itu tema yang diambil adalah "Keluarga Pemberi Harapan". Tema ini menjadi penting mengingat kondisi dunia saat ini yang dipenuhi berbagai ‘persaingan‘ dan hingar-bingar dunia media sosial yang seringkali tidak ramah terhadap kesehatan mental. Banyak orang menjadi begitu ‘hectic‘ (sibuk luar biasa) dengan dunia pendidikan, dunia kerja dan rupa-rupa kesibukan indvidu yang membuat orang mudah stress dan depresi. Di tengah kondisi seperti ini kemanakah orang akan lari kalau bukan kepada keluarga? Namun pertanyaannya adalah apakah keluarga mampu memberi apa yang diperlukan tersebut?

 

Melalui bahan-bahan dalam Buku Bulan Keluarga ini, kita akan bersama-sama menggumuli tema tersebut. Berikut ini beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan buku ini:

1.     Ibadah-ibadah Minggu di Bulan Keluarga ini mohon bisa dikemas sebagai ibadah keluarga dimana anak, remaja, pemuda dilibatkan, khotbah disesuaikan dengan segala usia, dll. Silakan gereja/jemaat setempat menyesuaikan segala sesuatunya sehingga ibadah yang terselenggara bisa benar-benar ibadah intergenerasional.

2.    PA Keluarga yang tersaji di sini diharapkan dapat dilakukan oleh masing-masing keluarga inti. Bentuk PA ini  adalah persekutuan di seputar Alkitab yang bisa diselingi dengan permainan, dlsbg.) Bagi warga gereja atau anggota jemaat yang suami atau isteri atau anaknya tidak seiman, maka bisa digabungkan menjadi satu, tetapi dalam jumlah kecil saja.

3.    Di buku ini ada dua macam bahan Persekutuan Doa. Yaitu bahan Persekutuan Doa Wilayah/blok/kring dan bahan Persekutuan Doa Keluarga inti. Mohon gereja/jemaat bisa menggerakkan warga gereja/anggota jemaatnya agar bisa melaksanakan persekutuan doa keluarga inti.

Di atas semuanya itu, kami berharap bahan ini diolah kembali sesuai dengan kondisi gereja/jemaat setempat sehingga lebih berdaya guna.

Atas tersajinya buku ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan sepelayanan berikut ini yang telah berkenan meluangkan waktu dan tenaganya:

1.     Pdt. Elia Dwi Prasetya (Bidang PWG Bapelsin XXVII GKJ)

2.    Pdt. Sat Herry Sucahyo (GKJ Jatimulyo, Yogyakarta)

3.    Jeannette Mintardjo (Mahasiswa Fakultas Teologi UKDW)

4.   Sdr. Wahyu Nurbiyantoro (Capen GKI Tahap Perkenalan)

5.    Sdri. Artha Kinanti Sekar Kasih (alumni Fakultas Teologi UKDW, mengajar di TK Kristen Manahan Surakarta)

6.   Pdt. Nugroho Hadiwibowo (GKJ Margoyudan Surakarta)

Beragamnya latar belakang para penulis bahan ini diharapkan bisa menampung ragam perspektif yang ada dalam keluarga. Akhir kata kami mengucapkan selamat menyelenggrakan Bulan Keluarga 2018. Tuhan memberkati.

  Yogyakarta, Juni 2018

 

Salam kasih,

PPP LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng:

 

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho

Pdt. Addi S. Patriabara

Pdt. Murtini Hehanussa



DAFTAR ISI

 

 Pengantar 

Daftar Isi

Bahan Dasar 

 Bahan Khotbah

Minggu I, 7 Oktober 2018 

Minggu II, 14 Oktober 2018 

Minggu III, 21 Oktober 2018 

Minggu IV, 28 Oktober 2018

Bahan Liturgi

Minggu I, 7 Oktober 2018

Minggu II, 14 Oktober 2018

Minggu III, 21 Oktober 2018

Minggu IV, 28 Oktober 2018 

Bahan PA Keluarga

PA Keluarga I

PA Keluarga II

Bahan Persekutuan Doa Blok/Wilayah

Persekutuan Doa I

Persekutuan Doa II

Bahan Perselutuan Doa Keluarga Inti

Persekutuan Doa Keluarga Inti I 

Persekutuan Doa Keluarga Inti II

Bahan Sarasehan dan Kegiatan

Sarasehan 

Kegiatan Alternatif


Klik Pada Link yang ada di bawah ini

Bahan Bulan Keluarga Bahasa Indonesia

Bahan Bulan Keluarga Bahasa Jawa


Share this :

Berita "Kotbah Jangkep" Lainnya