TATA IBADAH PELAYANAN HDS 2018 DAN BAHAN PA HDS

Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPH-PGI) menyambut dengan penuh syukur penerbitan Tata Ibadah Hari Doa Sedunia (HDS) 2018 yang diharapkan akan dipakai oleh seluruh Umat Kristiani di Indonesia pada tahun 2018 ini. Tata Ibadah HDS 2018 ini disiapkan oleh Komite HDS dari Negara Suriname. Sebagaimana biasanya, setiap tahun kita menyelenggarakan HDS lewat mana umat kristen dari berbagai denominasi dan latar belakang bersekutu dalam doa di tempat masing-masing dan mendoakan pergumulan saudara-saudara kita di negara lain. Dan untuk 2018 ini, kita mendoakan pergumulan saudara-saudara kita di Suriname.

Tema HDS 2018 adalah "SEMUA CIPTAAN ALLAH, SUNGGUH AMAT BAIK" (Kejadian 1: 31). Kesaksian Alkitab menunjukkan kepada kita bahwa tatanan penciptaan dunia ini sungguh amat baik adanya. Bumi dan segala isinya serta benda-benda langit memiliki tempat dan fungsinya masing-masing dalam tatanan penciptaan itu.

Perempuan dari Suriname mengangkat suara mereka untuk mengingatkan kita bahwa kita adalah pengurus ciptaan Tuhan! Mereka memperhatikan kebutuhan mendesak untuk peduli pada saat lebih dari 180 negara telah menandatangani Persetujuan Paris tentang Perubahan Iklim. Komitmen untuk menjaga agar bumi tetap dingin bergantung pada kebijakan publik yang diterapkan oleh pemerintah, namun juga pada gaya hidup pribadi kita.

Kita mengakui bahwa alam ciptaan Tuhan sungguh amat baik.  Tetapi tidak dapat disangkal bahwa di beberapa tempat alam telah menjadi berbeda sama sekali, alam telah rusak. Di Suriname telah terjadi penggunaan merkuri yang tidak bertanggungjawab, yang dapat meracuni manusia dan mahkluk lainnya. Sungai bersih telah tercemar. Banyak yang terancam kehilangan tanah sebab permukaan air laut semakin meningkat dan kurangnya hutan bakau menyebabkan erosi pantai.

 Dalam situasi demikian, kami mengajak seluruh gereja-gereja di Indonesia untuk bersama-sama berdoa bagi Negara Suriname, Negara Indonesia dan Negara-Negara lainnya serta turut berkomitmen dan melakukan tindakan konkrit dalam pemeliharaan alam ciptaan Tuhan.

 

 Terimakasih kepada Biro Perempuan dan Anak (BPA) PGI yang telah menerjemahkan Tata Ibadah HDS tersebut sehingga tersedia dalam Bahasa Indonesia dan mengirimkannya kepada gereja-gereja, PGIW/SAG dan lembaga-lembaga mitra PGI. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang secara langsung dan tidak langsung turut serta dalam penyiapan dan penyebaran Tata Ibadah HDS ini.

 

 

Selamat beribadah HDS

 

Teriring salam dan doa kami

a.n Majelis Pekerja Harian PGI

 

 

Pdt. Gomar Gultom

Sekretaris Umum

 


Link Download

klik disini untuk mengunduh

 


Share this :

Berita "Berita Lembaga" Lainnya